Sabtu, 31 Maret 2012

Chapter 1 Modul Cisco IT Essentials: PC Hardware and Software (Version 4.1)

Solid State Drive (HardDisk Terbaru)

Pengertian
SSD adalah media penyimpanan data (non volatile memory) yang menggunakan papan memory sebagai media dan tidak menggunakan compact-disk seperti hard-disk konvensional sehingga SSD tidak memilki penundaan mekanikal dalam mengakses data. 
Kelebihan dan Kekurangan SSD
Kelebihan:
  1.       Akses SDD lebih cepat (kapanpun anda mengakses)
  2.       SSD tidak memakan listrik dan tidak mengeluarkan panas
  3.       SSD tidak mengeluarkan suara bising
  4.       SSD lebih tahan lama
  5.       SSD tidak memiliki bagian mekanik
  6.       Daya SSD lebih sedikit
  7.       SSD memiliki read and write speed yang relatif tinggi
Kekurangan:
  1. Harga SSD relatif mahal
  2. Kapasitas maksimal SSD masih lebih rendah dibandingkan HDD
  3. SSD memiliki daya tahan yang terbatas
  4. Kemampuan memasukkan atau Write lebih rendah dibandingkan kemampuan membaca data atau Read

IRQ

 Interrupt Request Channel adalah kepanjangan dari IRQ. Tugasnya memproses perintah-perintah yang datang dari Input/Output device melalui suatu signal yang melewati jalur-jalur hardware untuk dikirimkan ke processor. Keyboard, printer, diskdrive, harddisk, modem, scanner, CD-ROM, tape backup merupakan alat-alat yang mengirimkan signal berupa interrupt yang spesifik kepada processor untuk mengetahui ada atau tidak tugas-tugas tertentu yang harus dilakukan oleh perangkat Input/Output tersebut.

DMA

 DMA merupakan singkatan dari Direct Memory Access. Definisi dari DMA adalah saluran untuk akses memori secara langsung. Dengan adanya DMA, maka dimungkinkan adanya komunikasi antara alat-alat tertentu, misalnya souncard dengan harddisk untuk berhubungan langsung dengan memori, tanpa harus melewati processor.

Southbridge dan Northbridge

Pengertian southbridge

Salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan perangkat lain.

Pengertian Northbridge

Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan prosesor ke memori system dan bus AGP dan PCI.


MEMORI INTERNAL

Memori jenis ini dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Memori internal memiliki fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program. Secara lebih tinci, fungsi dari memori utama adalah :
Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) untuk diproses
* Menyimpan daya hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran
* Menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari
peranti pengingat sekunder
Memori biasa dibedakan menjadi dua macam: ROM dan RAM. Selain itu, terdapat pula memori yang disebut Cache Memory.

  • ROM
ROM (Read Only Memory), yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca Jenis memori ini datanya hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis secara berulang-ulang. Memori ini berjenis non-volatile, artinya data yang disimpan tidak mudah menguap (hilang) walaupun catu dayanya dimatikan. Karena itu memori ini biasa digunakan untuk menyimpan program utama dari suatu sistem. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data.Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika komputer mulai dihidupkan. 

  • RAM
RAM (Random-Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan sebagai suatu penyimpanan data yang dapat dibaca atau ditulis dan dapat dilakukan secara berulang-ulang dengan data yang berbeda-beda. Jenis memori ini merupakan jenis volatile (mudah menguap), yaitu data yang tersimpan akan hilang jika catu dayanya dimatikan. Karena alasan tersebut, maka program utama tidak pernah disimpan di RAM. Random artinya data yang disimpan pada RAM dapat diakses secara acak. RAM dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu jenis statik dan jenis dinamik. RAM statik menyimpan satu bit informasi dalam sebuah flip-flop. Jenis RAM ini asyncronous dan tidak memerlukan sinyal clock. RAM statik biasanya digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang tidak memerlukan kapasitas memori RAM yang besar. RAM dinamik menyimpan satu bit informasi data sebagai muatan. RAM dinamik menggunakan kapasitansi gerbang substrat sebuah transistor MOS sebagai sel memori elementer. Untuk menjaga agar data yang tersimpan RAM dinamik tetap utuh, data tersebut harus disegarkan kembali dengan cara membaca dan menulis ulang data tersebut kememori. RAM dinamik ini digunakan untuk aplikasi yang memerlukan RAM dengan kapasitas besar, misalnya dalam sebuah komputer pribadi (PC).

  1. Jenis Ram
a. DRAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
b. SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disnkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
c. RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4
d. SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM
e. EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus denagan kecepatan sampai 66 MHz.
Jenis RAM yang terdapat di pasaran:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar